Fitria 2019: Usulan Judul Thesis


Usulan Judul Thesis
Fitria Restu Astuti (19709251069)
PM S2 D

Efektivitas model pembelajaran problem based learning berbasis Mind Mapping terhadap prestasi belajar dan kemampuan representasi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari kemampuan spasial Siswa SMP
1.      Apakah  model pembelajaran problem based learning berbasis Mind Mapping efektif terhadap prestasi belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari kemampuan spasial siswa SMP?
2.      Apakah  model pembelajaran problem based learning berbasis Mind Mapping efektif terhadap kemampuan representasi siswa pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari kemampuan spasial siswa SMP?
3.      Apakah model pembelajaran konvensional efektif terhadap prestasi belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari kemampuan spasial siswa SMP?
4.      Apakah model pembelajaran konvensional efektif terhadap kemampuan representasi siswa pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari kemampuan spasial siswa SMP?
5.      Manakah yang lebih efektif antara model pembelajaran problem based learning berbasis Mind Mapping dan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari kemampuan spasial siswa SMP?
6.      Manakah yang lebih efektif antara model pembelajaran problem based learning berbasis Mind Mapping dan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari kemampuan spasial siswa SMP?
(Fitri et al., 2017) (Wilder, 2015)
Fitri, N., Munzir, S., & Duskri, M. (2017). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1), 59–67. https://doi.org/10.24815/jdm.v4i1.6902
Wilder, S. (2015). Impact of problem-based learning on academic achievement in high school: a systematic review. Educational Review, 67(4), 414–435. https://doi.org/10.1080/00131911.2014.974511

Pengembangan Perangkat pembelajaran berbasis blended Learning dengan setting kooperatif learning pada materi bangun ruang sisi datar berorientasi pada kemampuan representasi matematis dan kemandirian belajar siswa SMP
1.      Bagaimana mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis blended Learning dengan setting kooperatif learning pada materi bangun ruang sisi datar berorientasi pada kemampuan representasi matematis siswa SMP?
2.      Bagaimana mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis blended Learning dengan setting kooperatif learning pada materi bangun ruang sisi datar berorientasi pada kemandirian belajar siswa SMP?
3.      Bagaimana kelayakan perangkat pembelajaran berbasis blended Learning dengan setting kooperatif learning pada materi bangun ruang sisi datar berorientasi pada kemampuan representasi matematis siswa SMP?
4.      Bagaimana kelayakan perangkat pembelajaran berbasis blended Learning dengan setting kooperatif learning pada materi bangun ruang sisi datar berorientasi pada kemandirian belajar siswa SMP?
(Asyrofi et al., 2016) (Barnard et al., 2009)
Asyrofi, M., Junaedi, I., & Artikel, I. (2016). Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau Dari Multiple Intellingence Pada Pembelajaran Hybrid Learning Berbasis Konstruktivisme. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 32–39.
Barnard, L., Lan, W. Y., To, Y. M., Paton, V. O., & Lai, S. L. (2009). Measuring self-regulation in online and blended learning environments. Internet and Higher Education, 12(1), 1–6. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2008.10.005

Analisis Kesulitan Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah sistem persamaan Linear Tiga Variabel ditinjau dari tipe kepribadian Guardian, Artisan, Rational dan Idealist siswa SMA
1.      Apakah ada pengaruh tipe kepribadian Guardian yang dimiliki siswa SMA pada metakognisi siswa dalam memecahkan masalah sistem persamaan linear tiga variabel?
2.      Apakah ada pengaruh tipe kepribadian Artisan yang dimiliki siswa SMA pada metakognisi siswa dalam memecahkan masalah sistem persamaan linear tiga variabel?
3.      Apakah ada pengaruh tipe kepribadian Rational yang dimiliki siswa SMA pada metakognisi siswa dalam memecahkan masalah sistem persamaan linear tiga variabel?
4.      Apakah ada pengaruh tipe kepribadian Idealis yang dimiliki siswa SMA pada metakognisi siswa dalam memecahkan masalah sistem persamaan linear tiga variabel?
5.      Apakah terdapat korelasi antara tipe kepribadian Guardian, Artisan, Rational dan Idealist yang dimiliki siswa SMA yang berpengaruh pada metakognisi siswa dalam memecahkan masalah sistem persamaan linear tiga variabel?
(Fitria et al., 2016)(Putra et al., 2019)
Fitria, C., Sujadi, I., & Subanti, S. (2016). Analisis Kesulitan Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Guardian, Artisan, Rational, Dan Idealist Kelas X Smkn I Jombang. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(9), 2339–1685. Diambil dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id
Putra, R. W. Y., Supriadi, N., Ilmiyana, M., Khoiriah, K., Fitriani, D., Aziz, A. F., & Solihat, T. (2019). The Analysis of the Mathematical Problem-Solving Ability of High School Students Reviewed from Personality Types of the Rational and Artisan. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012039




Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ringgit Wacucal, Sonobudoyo: Wong Jawa Luntur Jawane

FILSAFAT PENDIDIKAN MATEMATIKA: Identifikasi Persoalan Filosofis Pembelajaran Matematika di Sekolah

FILSAFAT PENDIDIKAN MATEMATIKA: Penjelasan Filosofis terhadap beberapa Objek Matematika di Sekolah