FILSAFAT PENDIDIKAN MATEMATIKA: Identifikasi Persoalan Filosofis Pembelajaran Matematika di Sekolah

FILSAFAT PENDIDIKAN MATEMATIKA


Identifikasi Persoalan Filosofis Pembelajaran Matematika di Sekolah

Diajukan kepada Prof. Dr. Marsigit, M. A
untuk memenuhi tugas mata kuliah Filsafat Ilmu


Oleh
Fitria Restu Astuti (19709251069)
Pendidikan Matematika Kelas D

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2019

Masalah-masalah yang sering muncul dalam pembelajaran matematika di sekolah dengan menerapkan metode konstruktivis diantaranya yaitu:
1.         Kemauan dan kemampuan belajar yang lemah dari pembelajar akan mengakibatkan proses konstruksi menjadi terhambat, karena dalam filsafat konstruktifisme yang berperan aktif dalam pembelajaran adalah pembelajar.
2.         Terkadang pembelajar tidak memiliki ketekunan dan keuletan dalam mengkonstruksi pemahamannya terhadap sesuatu, itu bisa saja menjadi kendala dalam prosesnya mengerti sesuatu.
3.         Pembelajaran kelas dapat lama, bila ada beberapa siswa yang kurang cepat berpikir.
4.         Gerak kelas dapat sangat berlainan bila siswanya beraneka inteligensi.
5.         Pengaturan kelas kadang lebih sulit.
6.         Pendekatan konstruktivisme memerlukan alokasi waktu yang lebih panjang dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran yang lain, membutuhkan kelengkapan sarana/prasarana dan media penunjang pembelajaran serta menuntut adanya ketrampilan dan kecakapan lebih dari guru dalam mengelola kelas yang dikembangkan dengan pendekatan model pembelajaran konstruktivisme.

Comments

Popular posts from this blog

Ringgit Wacucal, Sonobudoyo: Wong Jawa Luntur Jawane

FILSAFAT PENDIDIKAN MATEMATIKA: Penjelasan Filosofis terhadap beberapa Objek Matematika di Sekolah